Total Tayangan Halaman

Senin, 21 Maret 2011

PENDIDIKAN : Bagaimana Cara Belajar yang Baik?

Bagi kita yang kalangan pelajar, belajar merupakan suatu kegiatan yang paling membosankan. Selain kita tiap hari harus belajar, materi pembelajaran tiap jenjang pendidikannya pasti juga berbeda. Semakin tinggi jenjang pendidikannya materinya juga akan semakin sulit.
Nah, di sini saya akan memberikan tips-tips cara belajar yang baik agar belajar makin menyenangkan.
Berikut cara-caranya:
1.Nikmati aja materi pelajaran yang kamu pelajari.Jangan jadikan materi-materi pelajaran itu sebagai beban. Anggap aja buku yang kamu pelajari adalah buku cerita/novel sehingga kamu akan menikmati lembar demi lembar buku pelajaran itu.
2.Bagi kamu yang nggak suka baca buku, coba deh baca minimal beberapa lembar buku pelajaran yang akan diajarkan esok harinya atau pelajaran yang telah diajarkan tadi! Kalau cara itu dilakukan terus-menerus dan rutin maka jika kamu akan ulangan harian atau ulangan semesteran, kamu tidak akan menerapkan SKS (Sistem Kebut Semalem) karena belajar dengan sistem SKS akan sangat tidak efektif. Beban kamu akan jauh lebih berat kalau menerapkan SKS karena harus menguasai materi-materi yang sangat banyak hanya dalam waktu semalam.
3.Agar tidak tegang, bermain sambil belajar juga bisa menjadi alternatif. Misalkan, kamu bisa bermain tebak-tebakan dengan temanmu tetapi yang berhubungan dengan materi pelajaran.
4.Tulis di selembar kertas kecil materi pelajaran yang kamu ingat! Ingat, tapi kertas ini jangan untuk mencontek!!! Perlu kalian tanamkan sikap JUJUR ,karena sikap kejujuran yang kita tanam sekarang, nggak mesti akan kita petik sekarang juga. Bisa saja dalam mencari pekerjaan kita (orang jujur) akan lebih mudah mndapatkannya. Back to topic: setelah apa yang kalian hapalkan ditulis di selembar kertas kecil, buang kertas itu! Hal ini hanya untuk memantapkan apa materi yang kalian pelajari benar-benar kalian kuasai?
Itu aja saran yang bisa aku kasih . Kalo kalian udah baca, mohon komentarnya ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label