Total Tayangan Halaman

Senin, 18 Maret 2013

OLAHRAGA : Maria Febe Kusumastuti


Maria Febe Kusumastuti, pemain kelahiran 30 September 1989 sekarang 24 thn. Awal kemunculannya dulu waktu sekitar tahun 2009-an saya sempat menaruh harapan besar sama dia krn saya liat permainan dia cukup bagus dan footworknya ringan. Rangking tertinggi yang pernah dicapainya adalah rangking 18 pada 18 Maret 2010. Dulu Febe adalah pemain yang cukup potensial menurut saya dibandingkan WS Indonesia lain pada waktu itu (Selain Maria Kristin). Tapi sejak Febe masuk pelatnas prestasinya menurun drastis. Tidak cocok sama pelatih mungkin? Tapi hello..! udah 3 thn Febe di pelatnas. Rangking terakhirnya yang dikeluarkan BWF pada tanggal 14 Maret 2013, Febe berada di peringkat 55. Miris ! 
Tapi saya lihat Febe baru 1x ikut turnamen tahun ini. Sangat sedikit bila dibandingkan dengan WS pelatnas yang lain. Bukan saya membelanya, sejak Febe protes karena tidak diikutkan olimpiade (atau mungkin sebelumnya?) saya merasa PBSI semakin jarang mengirimkannya ke pertandingan2 Internasional. Wajar saja Febe protes kalau dia tidak dikirim ke Olimpiade. Dia saat itu peringkat 1 di Indonesia tapi yg peringkat di bawahnya malah yang dikirim? Coba bila anda di posisinya. Anda peringkat 1 di sekolah anda (entah sekolah anda favorit atau bukan), akan diadakan lomba cerdas cermat antar sekolah lalu yg diajukan malah peringkat yang ada di bawah anda. Apa anda tidak sakit hati? 
Setelah Febe protes, sepertinya buntut2nya dia semakin jarang dikirim ke turnamen internasional. (Apa gaya pelatih di pelatnas bila ada pemain yang protes, lantas pemain mjd dikucilkan dan jarang dikirim?) Sebenarnya saya bukan fans febe, tapi saya masih menaruh harapan sama dia. Walaupun penampilannya masih angin2an. Coba kalau dia dikirimkan ke turnamen2 lebih sering oleh PBSI. Daripada membuang2 uang untuk mengirim salah satu pemain WS yang sudah tua dan tidak bisa berkembang tapi hasilnya mungkin sama saja,gugur di babak2 awal. Febe masih punya kesempatan untuk berkembang karena dia masih muda. Mungkin Febe akan lebih berkembang kalau dia kembali ke PB Djarum krn mungkin dia akan lebih dapat banyak pengalaman karena sering dikirim. Pengalaman adalah guru yang terbaik! 

Sabtu, 16 Maret 2013

Uji Makanan


A.     Tujuan
Untuk mengetahui kandungan zat gizi dalam suatu bahan makanan.
B.      Alat dan Bahan
Alat : -tabung reaksi (4 buah)
          -rak tabung reaksi (1 buah)
          -pipet tetes (4 buah)
          -bunsen (1 buah)
          -penjepit (1 buah)
         -gelas kimia
Bahan : -bahan makanan
              -reagen : benedict, lugol, biuret
              -kertas tik
C.      Cara Kerja
1.      Menyiapkan tabung reaksi pada rak tabung reaksi dan berilah label pada tiap tabung reaksi.
Can: 1 Can: 2 Can: 3 Can: 4
 

                               

2.      Memasukkan ekstrak bahan makanan ±  cm pada masing-masing tabung reaksi dan amati warna yang ada pada bahan uji.
3.      Memberi reagen yang berbeda pada tiap tabung reaksi bahan uji ± 5 tetes, sisakan 1 tabung yang tidak diberi reagen, amati perubahan warna yang terjadi.
4.      Panaskan tabung reaksi yang diberi benedict di atas bunsen dengan menggunakan penjepit tabung reaksi dan amati apa yang terjadi.
5.      Menuangkan ekstrak bahan makanan yang ada pada tabung 4 ke selembar kertas buram, kemudian keringkan kertas buram di atas bunsen.
6.      Amati apa yang terjadi pada kertas buram tersebut.
7.      Mengulangi percobaan kembali dengan ekstrak bahan yang berbeda.
D.   Hasil Pengamatan Percobaan 1
No
Bahan
Warna Awal
Warna setelah ditambahi reagen
Dengan kertas buram
Biuret
Lugol
Benedict

1
Gula
Bening
Biru Muda
Kuning
Orange
Tidak transparan
2
Santan
Putih
Putih keunguan
Putih kekuningan
Putih
transparan
3
Ekstrak Nasi
Putih
Biru muda
Ungu tua
biru
Tidak transparan
4
Nasi dikunyah
Putih
Biru muda
Ungu tua
orange
Tidak transparan

E.    Pertanyaan
1.      Sebutkan kandungan masing-masing bahan pada percobaan 1!
·         Gula mengandung : glukosa
Indikator untuk menjelaskan : benedict
·         Santan mengandung : Lemak
Indikator untuk menjelaskan : kertas buram
·         Ekstrak nasi mengandung : protein
Indikator untuk menjelaskan : lugol
·         Nasi setelah dikunyah mengandung : Glukosa dan protein
Indikator untuk menjelaskan :  benedict dan lugol
2.      Buatlah tabel kelas percobaan 2!
Kelompok
Bahan Makanan
Warna Mula-mula
Perubahan yang terjadi
Lugol
Biuret
Benedict
Kertas Buram
1
Tempe
Kuning kecoklatan
Kuning kecoklatan
Mendekati ungu
hitam
Tidak transparan
Susu Anlene
Putih
putih
Ungu keputihan
Kuning bening
Tidak transparan
2
Mentega
Kuning
Kuning
Kuning
Kuning kehijauan
Transparan
Putih telur
Bening
Bening
Ungu
Kuning keruh
Tidak transparan
3
Kuning telur
Kuning
Kuning muda
Ungu cincin
Ungu
Transparan
Mutiara
Merah jambu
Biru tua
Merah muda agak putih
Orange
Tidak transparan
4
Pisang Ambon
Coklat
Coklat
Coklat
Kuning-kuning orange
Tidak Transparan
Kacang tanah
Putih
Putih
Coklat keorangean
coklat
Sedikit transparan
5
Ketela pohon
Putih
Putih
Putih
Ada endapan orange
Tidak transparan
Kacang merah
Coklat
Coklat
Coklat keunguan
Coklat tua
Tidak transparan
6
Gulaku
Bening
Kuning
Biru muda
Merah bata
Tidak transparan
Santan
Putih
Putih Kekuningan
Putih keunguan
Putih
Transparan
7
Tahu putih
Putih
Putih kekuningan
Ungu
Biru keunguan
Tidak transparan
Kanji
Putih
Biru tua
Sedikit kebiruan
Biru
Tidak transparan
Nb*) tulisan berwarna merah merupakan perubahan indikator yang menujukkan kandungan




Kelompok
Bahan makanan
Warna mula-mula
Perubahan yang terjadi
Lugol
Biuret
Benedict
Kertas Buram
1
Beras
Putih
Ungu
Ungu Cincin
Hitam ada gumpalan
Tidak transparan
2
Beras
Putih
Coklat
Keunguan
Biru
Tidak transparan
3
Beras
Putih
Biru Tua
Ungu Keputihan
Orange
Tidak transparan
4
Beras
Putih
Putih Kecoklatan
Putih Keunguan
Kuning ada lingkaran cincin ungu
Tidak transparan
5
Nasi
Putih
Biru Kehitaman
Putih keunguan
Merah bata
Tidak transparan
6
Nasi
Putih
Biru Muda
Biru tua
Biru
Tidak transparan
7
Nasi
Putih
Biru Tua
Putih
Merah bata
Tidak transparan



Kelompok
Bahan Makanan
Warna mula-mula
Warna setelah diberi reagen
Lugol
Biuret
Benedict
Kertas Buram
1
Nasi dikunyah
Putih
Ungu gelap
Biru
Orange
Tidak Transparan
2
Nasi dikunyah
Putih
Ungu Pekat
Ungu Cincin
Kuning
Tidak Transparan
3
Nasi dikunyah
Putih
Biru Keputihan
Ungu tua
Orange
Tidak Transparan
4
Nasi dikunyah
Putih
Merah bata
Putih kebiruan
Orange
Tidak Transparan
5
Nasi dikunyah
Putih
Ungu
Putih keunguan
Orange
Tidak Transparan
6
Nasi dikunyah
Putih
Biru Muda
Biru tua
Merah bata
Tidak Transparan
7
Nasi dikunyah
Putih
Ungu
Sedikit kebiruan
Orange
Tidak Transparan









3.      Berdasarkan tabel kelas, jenis makanan apakah yang paling banyak kandungan zat gizinya?
Susu Anlene, Mutiara, Santan, Kacang tanah
4.      Kelompokkanlah berbagai makanan berdasarkan kandungan gizinya!
·         Amilum :  Mutiara, tepung kanji, beras, nasi
·         Protein : tempe, anlene, putih telur, kacang tanah, santan, tahu putih, kacang merah, beras(rendah).
·         Glukosa : Anlene, pisang ambon, gulaku, ketela, nasi, nasi dikunyah
·         Lemak : Mentega, kuning telur, santan, kacang tanah.
F.       Kesimpulan
Reagen:
·         Lugol : Untuk mengetahui makanan mengandung amilum (menjadi biru tua)
·         Biuret : untuk mengetahui makanan megandung protein (menjadi ungu)
·         Benedict : untuk mengetahui makanan mengandung glukosa (menjadi merah bata)
·         Kertas buram : Untuk mengetahui makanan mengandung lemak. (menjadi transparan).
        Pada bahan makanan yang berbeda-beda maka kandungan zat gizi dalam bahan   makanan juga berbeda-beda sesuai kadar masing-masing bahan makanan, maka diperoleh data kandungan zat gizi sesuai hasil tabel pertanyaan nomer 4.

Label